Senin, 05 November 2012

Ringkasan TIK



Ringkasan Materi

A. Internet

Pengertian Internet
            internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

         
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.


 1. Sejarah dan perkembangan Internet
 
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).



 
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching 


 2. Aplikasi Internet
  1. World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
  2. E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
  3. Mailing List. Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
  4. Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.
  5. Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
  6. File Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.
  7. Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.
  8. Gopher. Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
  9. Ping. Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.,

3. Beberapa Hal yg dapat dilakukan dalam internet

1. Browsing/Surfing

Browsing atau surfing adalah menjelajah di situs-situs@ internet yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data. Informasi yang dapat diperoleh diinternet seperti politik, ekonomi, sosia, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dll. Berikut ini adalah beberapa informasi yang dapat diperoleh diinternet melalui browsing:
  • Informasi untuk anak-anak:
  • http://www.barbie.everythinggirl.com
  • Informasi untuk pendidikan:
  • http://www.depdiknas.go.id/
  • http://www.unm.ac.id
  • http://www.itb.ac.id/
  • http://www.e-dukasi.net
  • Informasi komputer
  • http://intel.com
  • http://www.ilmukomputer.com
  • Informasi untuk mendapatkan beasiswa:
  • http://www.dana.org
  • Informasi untuk mendapatkan berita
  • http://antara.co.id
  • http://www.kompas.com
  • http://www.fajar.co.id

2. Searching
Searching adalah kegiatan untuk mencari atau memperoleh informasi yang kita inginkan dengan bantuan mesin pencari (Search engine).

3. E-mail (Electronik Mail)
E-mail adalah cara untuk saling bertukar pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lain. Dengan E-mail kita juga dapat mengirim file atau dokumen, gambar dll. Email merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah, dimana kita dapat mengirim surat ke seluruh dunia dalam waktu yang singkat.

4. Chatting
Chatting dapat diartikan mengobrol atau bercakap-cakap, yaitu salah satu cara untuk berkomunikasi antar pengguna komputer melalui sebuah tempat pertemuan virtual (maya). Setiap pengguna internet di seluruh penjuru dunia dapat saling bercakap-cakap secara langsung dengan mengetikkan pesan menggunakan keyboard komputer.

5. Download dan upload
Download adalah proses mengambil file dari komputer lain atau internet untuk digunakan atau disimpan di komputer kita. Sedangkan Up load adalah proses pengiriman file dari komputer kita ke komputer lain atau internet

4. Beberapa Kegunaan Internet

    1. Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan, bidang literasi, atau bidang kesenian, bisa mencari berbagai informasi dari internet.

2. Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan. Misalnya, ada suatu data dari satu kantor yang harus diserahkan pada kantor lain, penyerahan ini bisa memanfaatkan media surat elektronik (email) yang tentunya menggunakan internet.

3. Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan. Ini juga merupakan salah satu manfaat internet bagi masyarakat. Manfaat jejaring sosial juga tak hanya menambah pergaulan, namun juga mempererat pertemanan dan membuat kita berlatih untuk bersosialisasi lebih baik.

4. Balakangan ini sering sekali tentang bisnis online. Kita pun bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet.

5. Kelebihan dari bisnis jenis ini adalah kita tidak perlu repot-repot menyewa lahan/toko untuk berjualan. kita hanya harus menyiapkan barang yang akan dijual, mempromosikannya, lalu tinggal menunggu pembeli menghubungi kita.

6. Media internet adalah salah satu media yang sangat bagus untuk promosi. Manfaat internet yang satu ini tak hanya berlaku bagi pebisnis online saja, namun juga bagi kita yang punya toko offline atau perusahaan tertentu yang ingin dikenal melalui media internet.

B. Intranet


PENGERTIAN INTRANET
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

1. Keuntungan  penggunaan internet

A.     Keuntungan Penggunaan Intranet

1.      Produktivitas Kerja
Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi lebih cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.

2.      Efisiensi Waktu
Dengan intranet, perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan cepat dari pada memberikan informasi melalui email kepada setiam karyawan.

 3.      Komunikasi
Fasilitas di intranet memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan) maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.

4.      Sistem Publikasi Web
Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara mudah. Misalnya pedoman anggota/karyawan, data keuntungan, kebijakan organisasi/perusahaan, data pelatihan. Setiap divisi dapat memperbaharui datanya dan pengguna lain dapat selalu mendapatkan data terbaru.

5.      Efektivitas Biaya
Pengguna tidak perlu lagi membaca data fisik seperti buku manual, pengguna dapat membaca data melalui web browser.

6.      Keseragaman Informasi
Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet

7.      Meningkatkan Kerjasama
Dengan informasi yang mudah di akses oleh semua pengguna resmi, kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.

B.     Kelemahan penggunaan intranet

  1. Informasi yang salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui intranet sehingga    dapat mengurangi efektivitasnya 
  2. Kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar/kurang sopan). 
  3. Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet 
  4. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi/perusahaan. 
  5. Pertimbangan keamanan data (mengirimkan pesan yang sensitif sehingga menyinggung karyawan lainnya atau atasannya) yang dapat terlihat oleh banyak orang. 
  6. Terjadinya Overload (data penuh) jika tidak dikontrol dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar